KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum
Wr. Wb.
Taufik, serta hidayah-Nya. Sholawat serta salam tidak lupa kepada junjungkan kita
Rasulullah Muhammad SAW, sehingga penyusunan makalah yang berjudul “Kawasan
Teknologi Pendidikan” dapat
diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.
Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan pada makalah ini. Oleh
karena itu,kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat
membangun agar makalah ini menjadi lebih baik lagi.Kami berharap makalah ini dapat memberi bermanfaat
bagi kita
semua.
Wassalamu’alaikum
Wr. Wb.
Makassar, 12 November 2015
Penyusun
DAFTAR ISI
Kata Pengantar…………………………………………………………………...…………….…2
Daftar Isi……………………………………………………………………………………….….3
BAB I PENDAHULUAN ………………………………………………………………………...4
A. Latar Belakang…………………………………………………………………………….4
B.
Rumusan
Masalah…………………………………………………………………………4
C.
Tujuan
Penulisan…………………………………………………………………….…….4
BAB
II. PEMBAHASAN………………………………………………………..………………..5
A.
Desain sistem
pembelajaran…...………………………………………………….…..…..5
B.
Desain pesan…………………………….………………………………..……………….6
C.
Strategi
pembelajaran…….….…………………………………………………………….6
D.
Karakteristik
pembelajaran………………………………………………………….…….8
BAB III PENUTUP……………………………………………………………………………...10
A. Kesimpulan………………………………………………………………………………10
B. Saran…………………………………………………………………………………..….10
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………………….…………11
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Teknologi pendidikam merupakan
suatu bidang kajian khusus ilmu pendidikan dengan objek formal “belajar”.
Belajar
bukan hanya dilakukan oleh dan untuk individu, melainkan oleh dan untuk
kelompok, bahkan juga diperuntukkan oleh organisasi secara keseluruhan. Dengan
adanya teknologi pendidikan, maka kita dapat belajar di mana saja, kapan saja,
pada siapa saja, mengenai apa saja, dengan cara dan sumber dari mana saja. Dan
di sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan.
Teknologi pendidikan tumbuh dan
berkembang dari praktik pendidikan dan gerak komunikasi audiovisual. Teknologi
pendidikan semula di lihat sebagai teknologi peralatan, yang berkaitan dengan
penggunaan peralatan, media dan sarana untuk mencapai tujuan pendidikan atau
kegiatan pembelajaran dengan audiovisual. Teknologi
pendidikan merupakan gabungan dari tiga aliran yang saling berkepentingan yaitu
media pendidikan, psikologi pembelajaran, dan pendekatan system untuk
pendidikan.
B.
RUMUSAN MASALAH
Rumusan masalah dalam makalah yaitu
sebagai berikut:
1.
Apakah
desain system pembelajaran?
2.
Apakah
desain pesan itu?
3.
Bagaimanakah
strategi pembelajaran?
4.
Seperti
apakah karakteristik pembelajaran itu?
C.
TUJUAN PENULISAN
1. Untuk memahami tentang desain pembelajaran
2. Untuk Mengetahui bentuk desain pesan
3. Agar mengetahui strategi pembelajaran
4. Memahami karakteristik pembelajaran
BAB II
PEMBAHASAN
1. KAWASAN DESAIN
Kawasan
desain berasal dari psikologi pendidikan. Bagi Reiser dan Dempsey, dkk, desain
dengan teknologi pembelajaran ibarat satu koin, yang tidak dapat dipisahkan
antara ekor dan kepala. Intinya, desain adalah proses untuk menentukan kondisi
belajar dengan tujuan untuk menciptakan strategi dan produk. Kawasan desain
terdiri atas :
a. Desain Sistem Pembelajaran
. yang akan dipelajari),
perancangan (proses penjabaran bagaimana Yaitu prosedur yang terorganisasi dan
sistematis untuk penganalisisan (proses perumusan cara mempelajarinya), pengembangan (proses penulisan atau pembuatan produksi bahan-bahan
belajar), pelaksanaan atau aplikasi (pemanfaatan bahan dan strategi), dan penilaian (proses penentuan ketepatan pembelajaran)
Kata
Desain mempunyai dua makna yaitu tingkat makro dan tingkat
mikro yang keduanya menunjukkan pendekatan sistem dan langkah pada
pendekatan sistem. Desain sistem pembelajaran secara
umum merupakan prosedur linier dan berulang-ulang dimana permintaan seksama dan
konsisten. Karakter proses pada semua langkah harus di lengkapi dalam hal
untuk melayani sebagai pemeriksaaan dan keseimbangan satu sama lain. Pada desain sistem pembelajaran proses sangat penting sama
seperti produk karena kepercayaan produk berlandasakan pada proses
b.
Desain
pesan
Yaitu
perencanaan untuk merekayasa bentuk fisik dari pesan agar terjadi komunikasi
antara pengirim dan penerima pesan,dengan memerhatikan prinsip-prinsip
perhatian, persepsi, dan daya tangkap.
Prinsip desain pesan
pembelajaran
a.
Prinsip kesiapan dan motivasi Jika dalam
kegiatan pembelajaran siswa memiliki kesiapan dan motivasi yang kemampuan tinggi, maka hasil belajar akan lebih baik Kesiapan
dorongan untuk belajar awal
Motivasi.
b.
Prinsip Pemusat Perhatian, Jika perhatian
siswa terpusat pada pesan / informasi yang dipelajari, maka proses dan hasil
belajar akan semakin baik.
c.
Prinsip partisipasi aktif siswa, Meliputi
kegiatan, sikap interaksi dengan media positif, motivasi, dan
lain sebagainya.
c. Strategi
pembelajaran
Yaitu spesifikasi untuk
menyeleksi serta mengurutkan peristiwa belajar atau kegiatan pembelajaran dalam
suatu mata pelajaran.
Ø
Tujuan dari pengembangan strategi
sebelum mengembangkan bahan adalah untuk menguraikan bagaimana kegiatan
pembelajaran akan berhubungan dengan pencapaian tujuan.
Ø Ketika guru yang memimpin
pembelajaran yang telah direncanakan,
guru menggunakan proses desain pembelajaran untuk menghasilkan panduan dalam membantu
melaksanakan maksud dari rencana pelajaran tanpa harus menyampaikan konten yang
tepat kepada peserta didik.
Ø
Guru memberikan arah, mengacu
peserta didik untuk bahan yang tepat, memimpin atau mengarahkan aktivitas kelas, dan suplemen
bahan yang ada dengan pembelajaran langsung. Di sisi lain, ketika seorang berpusat pada siswa, biasanya modul
disajikan untuk dipelajari.
Ø
Tujuan dari semua pembelajaran,
menurut pandangan yang disajikan dalam buku ini, adalah untuk memberikan
pembelajaran peristiwa, seperti
mengarahkan perhatian, memberitahukan tujuan pelajar, menyajikan bahan
stimulus, dan memberikan umpan balik. Tidak penting apakah peristiwa ini
dilakukan oleh guru atau tidak, selama pembelajran berhasil
dilakukan. Ini mungkin dicatat lebih lanjut bahwa peristiwa-peristiwa
pembelajaran berlaku untuk semua domain dari hasil pembelajaran.
Ø
Perencanaan strategi pembelajaran
adalah bagian penting dari proses desain pembelajaran sehingga perancang
harus mampu menggabungkan pengetahuan tentang belajar dan teori desain dengan
pengalaman peserta didik secara obyektif.
d. Karakteristik
pembelajaran
Yaitu aspek latar belakang
pengalaman peserta didik yang memengaruhi terhadap efektifitas proses
belajarnya, mencakup keadaan sosio-psiko-fisik peserta didik.
Ø
Tujuan pada tahap ini adalah
untuk menentukan keterampilan yang diperlukan pembelajar.
Ø
Kurangnya pemahaman dari peserta didik
kadang-kadang dapat dilihat dalam produk desain pembelajaran sehingga tidak cukup
untuk Perancang menebak keterampilan apa yang dimaksudkan untuk itu dilakukanlah wawancara dan tes keterampilan.
Ø
Selain kualitas peserta didik
seperti keterampilan intelektual yang harus dipelajari, perancang pembelajaran juga harus
menemukan hal-hal yang berkaitan dengan kemampuan
dan sifat pelajar,
yang biasanya dianggap tidak mudah dirubah melalui
pembelajaran.
Ø
Sifat Pelajar dan kemampuan dapat
mempengaruhi beberapa kualitas umum pembelajaran.
Karakteristik pembelajar yaitu
aspek latar belakang pengalaman pembelajar yang mempengaruhi terhadap
efektivitas proses belajarnya. Karaketeristik pembelajar mencakup keadaan
sosio-psiko-fisik pembelajar. Secara psikologis, yang perlu mendapat perhatian
dari karakteristik pembelajar yaitu berkaitan dengan kemampuannya
(ability), baik yang bersifat potensial maupun kecakapan nyata dan
kepribadiannya, seperti, sikap, emosi, motivasi serta aspek-aspek kepribadian
lainnya.
Analisis
karakteristik pembelajar merupakan suatu pendekatan psikologis dalam rangka
menggambarkan keadaan pembelajar. Karakter yang dimiki dapat berupa usia, jenis
kelamin, tingkat pendidikan, tingkat pengalaman, pengalaman yang relevan,
persepsi, kebutuhan yang dirasakan, dan berbagai kemugkinan yang lain terkait
dengan pembelajar.
BAB
III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Pengertian
kawasan teknologi pendidikan secara etimologis, domain berarti wilayah
daerah kekuasaan atau bidang kajian, kegiatan, garapan yang lebih kecil, terperinci dan spesifik dari lahan lapangan cakupan suatu ilmu. Tujuan
utama dalam membuat suatu taksonomi adalah untuk mempermudah komunikasi.
Kawasan desain meliputi:
1.
Desain
system pembelajaran
2.
Desain
pesan
3.
Strategi
pembelajaran
4.
Karakteristik
pembelajaran
B. SARAN
Hendaknya
makalah ini dapat digunakan sebagai salah satu sumber pembelajaran dan
dapat bermanfaat bagi penyusun dan pembaca. Penyusun juga menyadari bahwa
pembuatan makalah ini jauh dari kata sempurna, maka kami mohon kritik dan saran
dari pembaca.
DAFTAR PUSTAKA
Bambang,Warsita.2008.Teknologi Pembelajaran dan
Landasan Aplikasinya.Jakarta:PT Rienika Cipta
Harjali.2000.Teknologi Pendidikan.Jakarta:PT Rineka Cipta
Prawiradilaga,Dewi
Salma.2012.Wawasan Teknologi Pendidikan.Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sells,B
dan Richey,R.1994.Teknologi Pembelajaran Definisi dan
Kawasannya.Washington, DC: Association for Educational Communications and
Technology
Wadokali, Yadi. Makalah Kawasan Teknologi
Pembelajaran
0 komentar:
Posting Komentar